Riba adalah dosa besar yang tidak akan di ampuni alloh swt
Assalamu’alaikum wr wb
Kalian sering pinjam uang kepada rentenir? Sering meminjam pada bank keliling? Atau meminjam dengan perjanjian harus ada imbalan kepada yang meminjamkan? Hati-hati ini termasuk riba,tahukah kamu riba itu apa? Dan tahukah kamu bahwa dosa riba adalah dosa besar yang alloh sendiri mengharamkannya. Berikut penjelasan tentang dosa riba.
Q.s an-nisa ayat 161
“Dan di sebabkan mereka memakan riba, padahal sesungguhnya mereka telah dilarang daripadanya, dank arena mereka memakan harta benda orang dengan jalan yang batil.kami telah menyediakan untuk orang-orang kafir di antara mereka itu sisksa yang pedih.”
Dalam islam riba sangatlah di haramkan terlebih karna alloh swt sangat membenci orang yang melakukan riba, riba tidak akan manfaat di dunia maupun di akhirat.berikut qs.al-baqoroh ayat 275 tentang haramnya riba

Artinya :
“alloh telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba”
275. orang-orang yang memakan riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan setan karena gila. Yang demikian itu karena mereka berkata  bahwa jual beli itu sama dengan riba. Padahal alloh telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Barang siapa mendapat peringatan dari tuhannya, lalu dia berhenti, maka apa yang telah diperolehnya  dahulu menjadi miliknya dan urusannya (terserah) kepada allah. Barang siapa mengulangi, maka mereka itu penghuni negaraka, mereka kekal di dalamnya.
276. alloh memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah, alloh tidak menyukai  setiap orang yang tetap dalam kekafiran dan bergelombang dosa.
Keharamannya telah di jelaskan dalam al-qur’an maka dari itu kita sebagai umat muslim sudah sepatutnya menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya. Barang siapa yang hidupnya selalu berada di jalan alloh maka alloh akan membukakan pintu jalan kebenaran untuknya dan mempermudah segala urusannya di dunia maupun di akhirat.
Maka jangan sekalipun kita melakukan kebajikan tersebut. Semoga bermanfaat dan semoga kita semua selalu di lindungi alloh swt serta mendapatkan ridhonya.amiin.
Wa’salam..


Reviews:

Posting Komentar

Dunia Islam © 2014 - Designed by Templateism, Distributed By Blogger Templates | Templatelib

Contact us

Diberdayakan oleh Blogger.